Reminder

"Beri aku pelajaran TERSULIT, aku akan BELAJAR" Maryamah Karpov

Wajahku sujud kepada Allah yang menciptakannya, dan yang membuka pendengaran dan penglihatannya

Dengan daya dan kekuatan dari-Nya, maka Maha Suci Allah, Sebaik-baik pencipta

(Tilawah Sajadah)

Monday, October 27, 2014

Sharing Tentang Turki 2 #Bahasa #Akreditasi #Kampus Pengantar Bahasa Inggris

Assalamu'alaikum. Selamat pagi teman-teman di Nusantara. Sehat ya disana, aamiin in sha Allah. Berikut saya coba sharingkan pertanyaan terkaiıt. Semoga jawaban ini cukup membantu ya. 

Tentang Bahasa.

Assalamu'alaikum wrwb. Salam silaturahim mba evi, apa kabarnya? Sebelumnya saya haturkan terima kasih sudah bisa diterima pertemanannya, tiada lain maksud untuk bersilaturahim dengan mba evi perihal tentang turki yang sebelumnya saya baca mba sedang bersinggah di negeri Al-Fatih, berharap bisa mendapatkan share ilmu yang banyak dari pengalaman mba. Saya perkenalkan diri, nama saya Nendra asal dari Bandung, seorang bapak dari seorang putra dan istri saya bernama Nafisah. Semoga ukhuwah ini membawa keberkahan. Aamiin.

Semoga mba tetap istiqomah dan bersemangat dalam ikhtiar dan pembelajarannya. Mba evi, saat ini kami ( saya & istri ) sedang belajar sedikit2 bahasa turki, ada niat dalam hati dan ucap kami di tahun-tahun kedepan singgah di negeri Ottoman ini. Dari sekian banyak literatur yang sedang kami pelajari ( tour guide, petunjuk dr ppi turki, googling, kamus saku ) ternyata kami cukup kesulitan karena mungkin belum terbiasa. Barangkali Mba ada tips atau metode yg bisa kami pakai untuk bisa mmpelajariny dengan lebih praktis ,besar harapan kami mohon sedianya mba bisa memberi saran atau nasihatnya. Sebelum dan sesudahnya kami haturkan jazzakumullahu khairan katsiran. Wassalam

Sharing:

Alaikumsalamwrwb. Terimakasih Pak Nendra dan keluarga atas undangan pertemanannya. Alhamdulillah saya juga gembira bertambah saudara dari Bandung. Terimakasih atas do’anya. Aamiin ın sha Allah. Doa yang sama pula untuk Bapak beserta keluarga. Masha Allah semoga berkah keluarganya ya Pak semangat menuntut ilmu semua. 

Untuk metode belajar bahasa pada dasarnya sama dengan bahasa-bahasa lainnya. Seperti Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. In sha Allah dengan membiasakan membaca dan praktik sedikit demi sedikit akan semakin memperkaya kosa kata dan ketrampilan berbahasa. Saya juga belum ahli, masih harus banyak belajar Pak. Hehe. Berikut saya sertakan link panduan belajar bahasa Turki. di dalam link ini terdapat panduan belajar Bahasa Turki yang salah satunya di pandu oleh Ibu Sri Zehra di link LKS MIT.

Semoga bermanfaat ya Pak. Semoga Allah mudahkan in sha Allah. Ganbatte Kudasai Pak. Wassalam.

Tentang Jurusan

Assalammualaikum kak Evi Marlina. 
Nama aku Friska dari Kalimantan Selatan. Aku mau nanya-nanya tentang beasiswa Turki itu kak. Rasanya seneng sekali waktu aku nemu blognya kakak. Ubek-ubek sana sini baca dari ujung ke ujung. Pokoknya seneng banget. Hehe Gini kak, aku masih kuliah semester 1 jurusan Bahasa Indonesia. Aku pengen banget nanti kalo udah lulus S1 dapet beasiswa S2 ke Turki kayak Kak Evi. Mungkin kalo aku nanya-nanya nya sekarang masih kelamaan kali ya. Tapi aku bener bener mau nyiapin nya buat nanti kak. 

Tapi ada rasa pesimis gitu juga sih. Aku kan sekarang kuliah jurusan Bahasa Indonesia, menurut Kak Evi jurusan Bahasa Indonesia itu bisa nggak sih buat dapetin beasiswa Turki itu? Secara kan di Turki sudah pasti nggak ada jurusan Bahasa Indonesia kan kak? Terus menurut kakak ada kesempatan ga sih? Oh iya 1 lagi. Untuk bisa dapet beasiswa itu akreditas kampus nya dipertanyakan juga nggak kak? soalnya kampus aku akreditas nya masih C. Kampus aku ini kan kak letaknya bukan di kota besar seperti di Kota Banjarmasin nya. Kampus nya juga baru di buka beberapa tahun yg lalu. Itu bisa jadi kendala juga nggak kak buat dapet beasiswa Turki? Maaf ya kak kalo terlalu panjang. Aku berharap banget kakak mau ngebalas. Makasih ya kak sebelumnya. Assalammualaikum.

Sharing

Alaikumsalamwrwb. Halo Friska, salam kenal juga ya dari Kakak. Wah Kalimantan, jadi inget kakak libur musim panas 2 bulan lalu berkesempatan berkunjung ke Kalimantan, pulaunya hijau sekali ya. Masha Allah.

Alhamdulillah semoga bermanfaat Dek ya. Good Point. Memulai persiapan sejak dini akan lebih bagus. Untuk jurusannya nanti bisa disesuaikan dengan yang Friska suka, karena tentu saja di Turki tidak ada jurusan Bahasa Indonesia J Barangkali nanti disini bisa mengambil alternative jurusan social, seperti ilmu-ilmu social kemasyarakatan (silahkan di gugling ya, seperti apa cth-contoh jurusannya). Beberapa hal yang bisa dipersiapkan karena saat ini Friska jurusan Bahasa Indonesia, Kakak sarankan rajin mengikuti seminar atau kegiatan yang kedepannya mendukung jurusan yang akan di ambil, Kalau mau ambil social memulai untuk mengikuti workshop-workshop yang mendukung rencana ke depan. Atau kegiatan-kegiatan kemasyarakatan baik di kampus mau pun non kampus. Tentang kesempatan apakah kita dari kampus keren atau kampus terpencil sekalı pun in sha Allah memiliki kesempatan yang sama. Where there is a will there is a way bukan..:) demikian ya semoga bermanfaat. Semoga Allah mudahkan in sha Allah. Salam buat Borneo ya. Ganbatte Kudasai.

Tentang Universitas

Assalamu'alaikum Ka Evi, 
Terimakasih banyak atas jawabannya. Kalau boleh satu pertanyaan lagi, apakah di sana ada universitas/fakultas yang bahasa pengantarnya bahasa inggris? karena LPDP hanya memberikan beasiswa master selama 2 tahun saja, tanpa persiapan kelas bahasa Turki. Wassalamu'alaikum wr wb. Rina Y

Alaikumsalamwr. Halo Dek, senang membaca email dari Rina. Di Turki juga terdapat beberapa universitas yang menyediakan bahasa Pengantar dengan Bahasa Inggris, untuk detail universitasnya saya tidak mengetahui persisnya (bisa di lihat di panduan booklet YTB Schoolarship) sayang sekali saya lupa dimana menyimpan filenya :D. Namun yang saya ketahui berikut kampus-kampus yang menyediakan pengantar Bahasa Inggris.

      (2)   http://psy.metu.edu.tr/
      (3)   Istanbul Technique University 
      (untuk ITU saya tidak mengetahui apakah ada jurusan psychology.

Demikian sharing yang bisa saya sampaikan ya, semoga membantu dan bermanfaat. Semoga Allah mudahkan in sha Allah. Ganbatte Kudasai.



NOTE: Bagi teman-teman yang ingin bertanya dan pertanyaannya cukup singkat bisa melalui via wall twitter saja ya di @eviexist (Sakura Romawi Timur). Jazakallahulakum.

Wassalam.
EM Ankara, 27 Oktober 2014

No comments: